Simposium Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi (FSTPT) merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan secara bergantian di berbagai Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia dalam rangka mendorong peningkatan interaksi dan komunikasi antar sesama mahasiswa, staf pengajar dan peneliti di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia yang terlibat dalam kegiatan pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang transportasi.

Salah satu agenda utama FSTPT adalah menyelenggarakan simposium baik berskala nasional maupun internasional. Simposium ini merupakan wadah bagi para akademisi, birokrat dan praktisi untuk mempresentasikan hasil pemikiran maupun penelitian di bidang transportasi.

Dalam penyelenggaraan XXII Simposium tahun 2019 ini, FSTPT bekerjasama dengan Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Haluoleo yang berlokasi di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Indonesia

Indonesia memiliki potensi wisata yang sangat besar, sehingga saat ini Pemerintah giat mempromosikan destinasi berbagai wisata Indonesia dengan slogan “Wonderful Indonesia”. Salah satu destinasi wisata yang ada di Indonesia adalah Kota Kendari. Kota Kendari merupakan salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi baik oleh wisatawan domestik maupun wisatawan internasional. Kendari  memiliki banyak potensi wisata pantai, akan tetapi infrastruktur yang tersedia belum seluruhnya memiliki kualitas layanan yang baik. Hal serupa tidak hanya terjadi di Kota Kendari, tetapi juga di berbagai wilayah yang ada di Indonesia.

Dalam rangka meningkatkan integrasi dan kualitas layanan infrastruktur transportasi di Indonesia pada umumnya dan di Kota Kendari pada khususnya, tema yang akan diusung pada Simposium FSTPT XXII ini adalah:

“Integrasi Transportasi Wilayah dan Kota Mendukung Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan”